Rabu, 28 September 2011

Cara Hemat Usir Jerawat.

Anda mungkin sudah melakukan perawatan tubuh dengan baik mulai dari mencuci wajah dua kali sehari, scrub beberapa kali seminggu, memankai pelembab, mengaplikasikan krim malam dan krim mata, dan lain sebagainya.
Mungkin, ada beberapa venda disekitar anda yang tanpa anda sadari menjadi tempat bersarangnya kuman yang menyebabkan jerawat. Ingin tau apa saja?
1.   Rutin mencuci sarung bantal
Mungkin anda pernah membaca artikel lain yang menyebutkan bahwa bantal dan kasur adalah tempat favorit kuman. Hal itu benar adanya sebab bantal dan kasur menjadi tempat bersemayamnya rambut, keringat, sel kulit mati, spora, bakteri, zat kimia, debu, tungau, serpihan tubuh serangga, hingga kotoran tungau. Bayangkan bila bantal (sarungnya) bersentuhan dengan wajah anda selama sekian jam setiap hari? Anda memang akan membersihkan wajah setiap mandi, namun bagaimana dengan sarung bantal tersebut? Apakah anda akan mencucinya sesuai jadwal? Jalan keluarnya sederhana sekali, cucilah sarung bantal-guling, seprai seminggu sekali, untuk mencegah kulit tergerus kotoran, bakteri, debu, minyak dari rambut anda dan sisa make up. Berbagai kotoran ini lah yang menyebabkan jerawat. Daripada membeli produk perawatan mahal ratusan ribu hingga jutaan rupiah, lebih baik bersihkan saja tempat tidur anda.

2.  Bersihkan ponsel anda
Selama ini penggunaan ponsel sering dikaitkan dengan bahaya radiasi. Namun, belum banyak yang mengungkapkan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan kulit. Bayangkan bila ponsel itu sudah anda genggam seharian, dimasukkan kedalam tas, diletakkan di meja kantor, meja kantin, meja toilet, dan lain sebagainya. Sisa make up, minyak atau keringat dari tangan, debu dan partikel makanan menempel di ponsel, lalu berpindah kepipi dan telinga ketika digunakan untuk menelpon.
Untuk mencegahnya, gunakan tisu anti bakteri untuk membersihkan ponsel anda. Hanya butuh beberapa waktu melakukannya, namun akan menghemat waktu dan uang untuk merawat wajah.

3.  Jangan berlebihan melakukannya
Bila wajah berjerawat, anda tentu berusaha keras untuk mengenyahkannya. Setiap hari anda pasti akan lari kekaca untuk memastikan jerawat tidak bertambah parah, membersikan wajah dan mengoleskan krim jerawat. Namun ada baiknya juga anda mengistirahatkan kulit dan pori-pori anda. Perawatan yang salah justru akan membuat kulit kering kemudian menyebabkan tubuh mengahsilkan minyak berlebih sebagai kompensasinya sehingga menyebabkan lebih banyak jerawat. Santai sajalah, batasi perawatan eksfoliasi hanya dua kali seminggu.

4.  Perhatikan peralatan kecantikan anda
Namanya produk kecantikan, tentu fungsinya untuk mempercantik diri anda, bukan? Namun, jika anda tidak merawat berbagai sikat, spon, atau aplikator yang anda gunakan memulas make up, peralatan tersebut justru akan merusak kulit anda. Peralatan kecantikan hampir setiap hari menyentuh wajah anda, dan ketika tidak digunakan, benda-benda ini akan mengontaminasi foundation, blush on, atau apapun yang ada dalam make up case anda. Karena itu, cuci sikat, spon, atau apapun peralatan kecantikan anda, sedikitnya seminggu sekali dengan sampo bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar